May 2, 2018

Tips Memilih Kamera Untuk Pemula

Jaman yang semakin maju dan kebutuhan untuk menjadi manusia social di dunia maya memang memkasa kita untuk bisa mengikuti perkembangan jaman tersebut. Seperti trend untuk berfoto dan eksis di dunia maya pun mempengaruhi tingkat kebutuhan anak muda. Tentunya bagi kalian yang sosialita ini membutuhkan sebuah kamera untuk mengabadikan moment-moment penting kalian. Memilih kamera pun tidak bisa sembarangan. Buat kamu yang pemula di dunia photography baik untuk hobi atau hanya sekedar mengabadikan moment berhargamu, kamu harus tahu beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli kamera. kamera dengan fiture cerdas tidak selalu memberikan gambar yang bagus jika kamu tidak bisa mengoperasikannya. Sebaliknya, jika kamu menguasai teknik-teknik photography, mau menggunakan kamera sederhana pun hasilnya akan menjadi lebih bagus.

Nah, sebelum kamu memilih kamera, ada beberapa hal yang wajib kamu pertimbangkan sebelumnya. Pertama, kamu harus tahu tujuanmu membeli kamera itu untuk apa. Apakah hanya sekedar berfoto-foto ria, keperluan vlog, atau untuk menjadi seorang photographer professional? Ada beberapa macam kamera yang cocok untuk kamu yang ingin menjadi photographer pemula..

  1. Compact Camera

Buat kamu yang ingin membeli kamera untuk mendokumentasikan moment jalan-jalanmu atau moment bersama teman, compact camera atau kamera saku sangat cocok buat kamu. Ukurannya yang tidak terlalu besar memudahkan perpindahanmu ketika harus memotret sambil jalan. Memang fitur yang tersedia tidak seperti kamera pro pada umunya, namun kamera ini cukup simple dan kamu ngga perlu mengatur banyak settingan di kamera ini.

  1. Mirrorless

Kalau dirasa compact camera masih kurang untuk mengeksplore kemampuan photography-mu, kamu bisa melirik untuk membeli kamera mirrorless. Kamera mirrorless ini memberikan kualitas gambar yang jauh lebih bagus dari compact camera. Buat kamu yang ingin jadi vlogger, mirrorless bisa menjadi pilihan paling tepat juga dnegan kualitas gambar setara dengan DSLR.

  1. DSLR

Kamera DSLR ini adalah kamera yang paling banyak dicari oleh para photographer professional. Dengan kamera DSLR ini tentunya kamu bisa mendapatkan konsep foto yang berbagai macam karena lengkapnya fiture di DSLR ini. Namun jika kamu tidak bisa mensettingnya dnegan baik, tentunya hasil foto juga tidak terlihat menarik.

Nah, dari ketiga jenis kamera ini seharusnya kamu sudah bisa menyimpulkan ingin membeli kamera apa yang sesuai dengan kebutuhanmu. Setelah kamu tahu ingin membeli kamera apa, kemudian yang harus kamu lakukan adalah menentukan budget. Jangan sampai kamu membeli kamera yang over budget dan pada akhirnya tidak kamu maksimalkan fitur-fitur yang ada di dalam kamera tersebut. Kamu bisa browsing di internet untuk melihat kisaran harga kamera sesuai budget yang kamu miliki dan sesuai kebutuhanmu. Kamu juga tidak perlu membeli body kamera yang terlalu mahal, karena akan lebih baik jika budgetmu dilarikan ke lensa yang ingin kamu miliki. Karena meskipun kameranya bagus, kalau lensamu itu-itu saja tentunya teknik pengambilan foto mu juga hanya dari angel itu saja.

Selanjutnya untuk memilih brand kamera apa yang kamu inginkan, itu tergantung dengan kesukaan masing-masing. Karena setiap brand tentunya memiliki tiga macam kamera seperti di atas dan keunggulannya sendiri-sendiri. Buat kamu yang masih pemula, memilih kamera yang sederhana dengan mode manual sudah sangat cukup untuk belajar foto. Setelah teknik kamu kuasia, kamu bisa meng-upgrade kamera menjadi setingkat lebih tinggi dari kamera lamamu, dan seterusnya. Nah, sudah tahu ingin membeli kamera apa? Pastikan kebutuhanmu terlebih dahulu dan pilihlah kamera yang bisa kamu maksimalkan kegunaannya. Sekian tips memilih kamera untuk pemula yang bisa Overloops bagikan untuk teman-teman, semoga bermanfaat dan semakin banyak photographer muda yang berani terjun dan memulai di dunia photography ini.

RECENT POSTS

    Leave a comment