July 9, 2018

Tips Memilih Lensa Kamera untuk Foto dan Video

Untuk menghasilkan karya foto yang bagus tentunya kita harus memiliki skill memotret yang bagus. Dengan skill yang bagus tersebut tentunya kita bisa menghasilkan karya yang lebih baik lagi dengan peralatan yang sesuai dengan kebutuhannya. Banyak fotografer yang hingga saat ini masih kebingungan dalam memilih lensa dan kamera yang tepat untuk foto video. Kebanyakan dari mereka memilih untuk meng-upgrade body kamera setiap ada produk baru yang muncul. Karena terlalu sibuk dengan produk-produk kamera terbaru, terkadang para photographer lupa kalau mereka juga harus meng-upgrade lensa mereka. Padahal, kalau kita menggunakan body kamera yang sama setiap kali memotret, tetapi lensa yang kita gunakan beraneka ragam itu akan membuat hasil karya foto maupun video kita jadi lebih beragam. Sedangkan kalau kita menggunakan lensa yang sama tetapi body kamera yang berbeda, tidak akan memberikan perubahan yang berarti.

Dalam artikel kali ini, Overloops akan mengulas bagaimana cara memilih lensa yang baik untuk memotret dan merekam video. Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui sebelum memilih lensa. Pertama, kita harus tahu tujuan awal penggunaan lensa ini. Apakah pengambilan gambar di lokasi yang gelap atau terang, gambar yang diambil dari jarak jauh maupun dekat, dan beberapa pertimbangan lainnya. Kemudian, kalian juga harus menentukan budget untuk pembelian lensa tersebut. kamu juga harus men-survey kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap merk lensa yang kamu inginkan sebagai bahan pertimbangan. Terutama untuk mengetahui fitur-fitur lensa tersebut. Berikut ada beberapa tips dalam memilih lensa versi Overloops:

  1. Foto Landscape

Untuk memotret landscape atau pemandangan, kalian bisa menggunakan Ultra wide atau Wide Angel Lens. Dalam hal ini lensa yang digunakan maksimal di focal lens 35mm seperti Lensa Canon 10-22 mm, 10mm, 18 mm, 24mm, dan juga 28mm. bahkan kamera fish eye pun sering kali digunakan untuk pengambilan foto landscape. Karena untuk memotret landscape kita membutuhkan lensa dengan jangkauan sudut yang lebar untuk mendapatkan gambar yang maksimal.

  1. Foto Potrait

Foto portrait ini istilah dari kita memotret ekspresi subjek yang kita foto. Untuk foto portrait ini kita bsia menggunakan lensa 35 – 50 mm atau 70 – 85 mm. Untuk foto portrait ini kita juga membutuhkan lensa dengan bukaan lebar seperti 2.8, 1.8, 1.4, bahkan lensa dengan bukaan 1.2 pun lebih bagus karena bisa mempertajam antara subjek dengan background.

  1. Foto Makro

Foto makro ini juga biasa disebut sebagai foto extreme close up. Untuk mengambil gambar secara makro, kita harus tahu apakah kamera yang digunakan memiliki fitur makro atau tidak. Untuk lensa pun demikian, tidak semua lensa memiliki fitur makro. Beberapa lensa yang memiliki fitur makro adalah lensa dengan focal length 100 mm, lensa Canon 10 mm, lensa Sony 90 mm, lensa Sony 30 mm, dan Canon 24-70 mm.

  1. Foto Jarak Jauh (Lensa Tele)

Lensa tele memiliki sudut yang sempit dimana lensa ini bisa mengambil gambar dari jarak yang jauh. Lensa ini berukuran focal length 100 mm, 135 mm, hingga 800 mm focal length. Lensa tele ini biasa digunakan untuk memotret objek-objek jarak jauh dan memiliki fitur cepat juga. Seperti digunakan untuk photography sport atau mengambil wild life. Lensa tele ini juga biasa digunakan oleh wartawan untuk menangkap moment event yang jauh jaraknya dari tempat ia berdiri.

Nah, itu tadi beberapa tips dari Overloops untuk memilih lensa pengambilan foto maupun video. Pada dasarnya pemilihan lensa untuk foto maupun video ini sama saja, karena fungsi utamanya pun sama. Pastikan sebelum memilih lensa, kamu harus tahu terlebih dahulu akan digunakan untuk mendokumentasikan apa kamera tersebut. Semoga tips yang Overloops berikan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman, dan jangan pernah menyerah untuk mencoba. Tunggu tips dan trik Overloops berikutnya yaaa..

RECENT POSTS

    Leave a comment