March 14, 2019

Tips Memotret Makanan dengan Konsep Flat Layout

Flat layout concept bukan lagi hal asing bagi para fotografer masa kini. Sekilas mengenai konsep flat layout, konsep ini memperlihatkan objek-objek berdimensi yang diambil dari atas. Hal ini tentunya sangat menarik karena foto yang dihasilkan nantinya akan memiliki negative space yang bisa dijadikan sebagai background poster maupun banner dan dalam konsep ini juga nantinya akan menampilkan shadow dari dimensi objek itu sendiri.

Pemotretan flat layout juga memerlukan tempat yang tinggi. Tujuannya adalah agar tidak terjadi distorsi. Pertimbangan lain pada saat pangambilan foto flat layout dari atas adalah sebisa mungkin kita menggunakan lensa yang tidak terlalu berat, sehingga kita tidak perlu khawatir kamera akan roboh. Kita juga bisa memasang three way lighting, 1 buah lighting mainlight, 1 sidelight, dan 1 lighting lainnya untuk fill in-bouncing ke atas, tergantung dari kondisi ruangan pada saat pengambilan foto. Disini kita memakai tripod jenis vanguard alta pro 2+ yang kita setup over head atau persis menghadap kebawah. Kita juga memakai kamera Aputure untuk memudahkan memonitor hasil pemotretan.

Langkah awal yang kita lakukan dengan setup seperti diatas adalah kita melakukan control light, dimana kita memahami karakter ambiencenya seberapa terang dengan memotret tanpa flash. Kemudian kita mencoba untuk mengetahui karakter flash satu persatu untuk melihat kontrol cahayanya. Hal penting lainnya adalah kita harus memperhatikan nilai aperturenya. Disini kita memakai f/8 sehingga kita mendapatkan ketajaman gambar dan fokus yang merata serta tak lupa pula kita harus memperhatikan white balancenya ketika memotret makanan.

Selanjutnya, agar lebih artistik kita memberikan hiasan sesuai tema. Karena tema kali ini adalah makanan, maka kita menambahkan beberapa ingredient sebagai garnish. Kita bisa menata garnish sesuai dengan selera kita namun yang terlebih penting adalah tidak menghilangkan negative space dari background tersebut. Temen-temen juga bisa menambahkan beberapa peralatan dapur seperti sendok dan garpu, sumpit, atau pisau sebagai hiasan. Penataan garnish yang terlalu berlebihan juga akan mempengaruhi hasil foto yang nantinya justru bisa terkesan penuh atau berantakan dan tidak fokus pada objek utama. Nah, setelah dilakukan proses editing, dihasilkan beberapa foto berikut.

Nah.. seru dan menarik ya hasilnya. Buat temen-temen yang penasaran dengan hasil karya dari tim Overloops lainnya, temen-temen juga bisa lihat portofolio kami di akun instagram @overloops maupun Fans Page Facebook Overloops atau bisa juga melihat di Channel Youtube Overloops dan jangan lupa subscribe yaa.. Terima Kasih!

RECENT POSTS

    Leave a comment