March 27, 2018

Tips Memotret Star Trail Candi Prambanan

Siapa sih yang tidak mengenal Candi Prambanan? Buat kamu yang ngaku memiliki hobi travelling, Candi Prambanan memang tidak asing di telinga para pecinta travelling. Ya, Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar se Indonesia yang hingga saat ini masih menyimpan berbagai cerita menarik romantisme Rama dan Shinta. Tentunya jika kalian pernah melihat pertunjukan Ramayana, ini lah cerita dari dibangunnya Candi Prambanan ini. Candi Prambanan diperkirakan dibangun pada abad ke-9 oleh Raja Balitung Maha Sumbu dari Wangsa Sanjaya. Lokasinya yang mudah diakses oleh masyarakat Yogyakarta membuat candi ini banyak sekali dikunjungi wisatawan lokal Yogyakarta. Dengan fasilitas lengkap dan taman yang terawat memang membuat Candi Prambanan ini menjadi favorit semua kalangan.

Seperti kebanyakan waktu memotret yang paling baik, Candi Prambanan juga sangat indah di foto di beberapa waktu seperti berikut ini..

  • Waktu Sunrise

Candi Prambanan ini dibuka mulai pukul 6 pagi, dimana jam segitu memang masih tergolong sepi, sehingga kita masih bisa mendapatkan foto-foto yang bagus di pagi hari tanpa takut terhalang oleh wisatawan. Ketika kita mendapatkan cuaca yang bagus, Candi Prambanan akan terlihat sangat indah karena matahari bersinar dari samping, golden hour ini membuat candi prambanan terlihat lebih menarik dengan bermandikan cahaya matahari dari samping.

Nah, pada waktu itu Overloops berkesempatan untuk memotret Candi Prambanan di waktu pagi, kita bisa mendapatkan foto-foto yang menarik. Kemudian beberapa tips untuk foto di pagi hari adalah Candi Prambanan ini sangat luas dan letak candinya pun tersebar. Sekitar candi ada berbagai macam bebatuan yang memang membuat kita harus pandai-pandai mengatur komposisi dan framing untuk mendapatkan foto yang menarik. Tantangan berikutnya adalah Candi Prambanan ini sebenarnya tidak terlihat menarik, karena bagian bawah candinya yang terbuat dari tanah yang tandus sehingga ketika kita memotret dari dalam akan terlihat tidak menarik. Sehingga kita harus bisa mengatur komposisi agar kita bisa mendapatkan foreground dari bebatuan dengan posisi yang agak menjauh dari candi. Hal ini dilakukan agar kita bisa mendapatkan komposisi yang lebih menarik. Kita juga bisa memanfaatkan foreground-foreground atau daun-daun pepohonan di sekitar candi untuk dijadikan foreground.

Kemudian ketika kita sudah stak dengan ide, kita bisa lebih kreatif lagi dengan memanfaatkan beberapa hal yang membuat foto lebih menarik. Seperti memanfaatkan refleksi dari air. Sehingga dengan kondisi tanah yang cadas dan gersang kita bisa mengakali dengan menambahkan elemen-elemen lain yang membuat foto lebih menarik dengan mencari refleksi dari genangan air atau membuat genangan sendiri, sehingga kita bisa mendapatkan komposisi yang tidak biasa.

  • Waktu Siang Hari

Waktu siang hari tepatnya pukul 10 atau pukul 2 siang itu letak matahari berada di samping atas dan biasanya langit disebelahnya jadi lebih biru membuat pemandangan Candi Prambanan ini jutru lebih bagus lagi. Ini sebenarnya waktu yang bagus untuk menambah stok foto Candi Prambanan, namun karena kondisi candinya yang sudah ramai oleh pengunjung yang datang, memang agak susah untuk mendapatkan foto yang menarik. Maka beberapa tips untuk memotret candi di siang hari adalah dengan teknik slow speed. Jadi kita memotret orang-orangnya dengan teknik slow speed. Jadi orang-orangnya bisa ngeblur dan mendapatkan foto yang tidak biasa.

  • Waktu Sunset

Berikutnya di waktu sunset, Candi Prambanan tutup pukul 6, tapi kita bisa lebih bandel sedikit dengan berada di sana sampai waktu sunset karena pasti waktu tutup orang masih banyak yang lalu lalang dan pengurus candi sedang sibuk menggiring orang-orang untuk keluar, sehingga kita bisa mencuri waktu sedikit untuk terus memotret sunset hingga mendapatkan komposisi yang baik. Beberapa hal yang menarik di Candi Prambanan ketika sunrise atau sunset ketika matahari berada di samping adalah cahaya matahari menembus di sela-sela sekitar candi yang membuat shadow cahaya roll di candi yang bagus ketika kita bisa jeli menangkap moment.

  • Waktu blue hour

Taman wisata candi memang objek yang bagus karena luas dan keamanan terjaga, dan baiknya lagi ketika sunset kita sudah dilarang untuk masuk area candi di malam hari untuk alasan keamanan. Padahal blue hour di Candi Prambanan ini sangat cantik ketika kita bisa mengabadikan momentnya. Karena candi prambanan ini masih mendapatkan sinar dari lampu, ketika dipadukan dengan langit biru di malam hari akan mendapatkan efek yang surealis dan luar biasa. Untuk hal ini meskipun kita sudah dilarang untuk memasuki ring 1 dengan alasan keamanan, kita mendapatkan tempat diluar area ring 1 yaitu di area perkemahan atau tempat-tempat lain yang memungkinkan public masuk di malam hari. Di lokasi ini kita juga bisa mendapatkan foto star trail dari candi di malam hari.

Overloops sendiri mendapatkan tugas dari Taman Wisata Candi untuk mendokumentasikan keindahan Candi Prambanan di malam hari sehingga kita bisa mendapatkan akses khusus untuk memotret candi dari dekat di area ring 2 di malam hari untuk mendapatkan gambar star trail. Gambar seperti ini bisa didapatkan dengan cara stacking atau menggabungkan beberapa foto sekaligus untuk dijadikan satu untuk mendapatkan gambar bintang yang bergerak. Nah, untuk proses foto sendiri kita menggunakan timelapse dengan interval waktu 10 detik yang kemudian digabungkan menjadi 1.

  • Memotret dari drone.

Candi Prambanan sendiri adalah salah satu candi yang cukup megah dan kompleks yang sangat luas meskipun candinya tersebar. Namun candi ini akan sangat menarik jika di shoot dari atas karena menangkap keagungan atau kemegahan candi dan area sekitarnya yang masih sangat terjaga dan sangat ramah. Untuk bisa memotret candi dari atas memang tidak hanya membutuhkan ijin dari Taman Wisata Candi tetapi juga dinas Purbakala. Kita mendapatkan kesempatan khusus sehingga bisa menerbangkan drone di pagi hari. Ternyata di pagi hari ini sangat bagus karena mataharinya bisa terlihat dari bangunan candinya yang tidak begitu lebar dan banyak sela-selanya kita bisa mendapatkan foto-foto dengan area-area yang memperlihatkan warna-warna langit di sunrise tapi juga bisa mendapatkan candinya.

Nah, menarik bukan wisata Candi Prambanan yang ada di Kota Yogyakarta ini. Belum sah rasanya kalau kamu ke Jogja dan melewatkan keindahan Candi Prambanan ini. Kalau kamu mau liburanmu didokumentasikan dengan baik, kamu juga bisa meminta jasa Overloops untuk mendokumentasikan moment liburanmu lho.. kamu bisa langsung saja menghubungi Overloops melalui instagram @overloops maupun fans page Facebook Overloops. Buat liburanmu lebih berkesan dengan dokumentasi yang epic…

RECENT POSTS

    Leave a comment