Semakin berkembangnya teknologi, saat ini kita tidak perlu lagi membawa kamera berukuran besar untuk berlibur. Terutama untuk kamu yang masih belum terbiasa menggunakan kamera DSLR dan sejenisnya. Karena kamera handphone pun sudah dibekali dengan berbagai teknologi canggih sehingga bisa mengungguli kamera DSLR dalam pengambilan gambarnya. Menggunakan kamera handphone ini juga tidak terlalu merepotkanmu dengan banyaknya peralatan yang harus dibawa ketika menggunakan kamera DSLR. Belum lagi kamu harus mengganti-ganti baterai ketika kamera DSLR mu kehabisan baterai. Meskipun handphone juga tidak bisa diandalakn dalam hal kapasitas baterainya, setidaknya kamu bisa membawa powerbank dalam perjalananmu.

Menggunakan kamera handphone memang cukup simple, meskipun kualitas yang didapatkan tidak seindah kamera DSLR pada umunya. Namun dengan kamera handphone ini setidaknya kamu bsia langsung mengupdate foto dan aktifitasmu saat itu juga di media social. Sedangkan jika menggunakan kamera DSLR, kamu harus memindahkan file tersebut terlebih dahulu ke memori handphonemu baru bisa mengupdatenya di media social. Nah, di kesempatan kali ini Overloops akan membagikan beberapa tipsmemotret menggunakan kamera handphone, yang bisa kalian praktekan secara langsung di handphone kalian.

  • Cari pencahayaan yang terang

Memotret dengan menggunakan kamera handphone memang membutuhkan pencahayaan yang terang karena kita tidak bisa mengatur pencahayaan dengan menaik turunkan ISO seperti yang biasa dilakukan pada kamera DSLR. Kita juga tidak bisa menambahkan flash tambahan yang dihubungkan dengan trigger, namun hanya ada flash bawaan Handphone yang terkadang malah merusak kualitas gambar.

Maka kamu harus mencari cahaya yang terang seperti di ruangan terbuka. Kamu juga bisa menggunakan lighting atau lampu tambahan jika terpaksa harus memotret di ruangan yang memiliki cahaya redup. Pastikan cahaya tambahan tersebut menerangi objek yang akan kamu foto. Lebih baik menggunakan lighting daripada menggunakan flash bawaan karena terkadang tidak memantul dengan sempurna dan fotomu terlihat tidak bagus. bahkan ketika memotret orang menggunakan flash bawaan di malam hari, mata akan terlihat seperti mata kucing.

  • Gunakan Mode Manual

Dalam mengambil sebuah gambar yang bagus dengan smartphone, akan lebih baik jika mengambilnya dengan menggunakan mode manual. Mode manual ini sudah mulai ditanamkan di beberapa smartphone yang mengunggulkan kameranya. Kamu bisa mengatur ISO, diafragma, sutterspeed, brightness, aperture, dan masih banyak lagi. Dengan mengatur berbagai settingan tersebut kamu bisa mendapatkan hasil foto yang hampir sama dengan kualitas DSLR.

Jika memang kameramu belum dibekali dengan berbagai pengaturan manual tersebut, kamu tidak perlu ganti smartphone karena saat ini juga sudah banyak aplikasi kamera yang menggunakan mode manual. Aplikasi ini juga tinggal kamu download melalui Google Play atau Apps Store. Tentunya dengan adanya aplikasi pembantu ini, fotomu akan terlihat lebih oke.

  • Memaksimalkan fitur di handphone

Smartphone masa kini memang telah banyak dilengkapi dengan berbagai fitur kamera seperti flash light yang membuat foto selfiemu terlihat lebih terang. Ada pula kamera yang mengusung pixel yang besar sehingga menghasilkan foto yang terlihat hidup dan nyata. Bahkan bisa memfokuskan gambar super cepat dengan fitur auto focus. Tidak hanya itu, ada pula kamera handphone yang menggunakan fitur HD hingga Ultra HD. Dengan menggunakan berbagai fitur bawaan itu sendiri, dijamin fotomu akan terlihat sangat nyata. Fitur HDR juga bisa membuat hasil fotomu lebih terang dan jelas.

  • Cari angel yang tidak biasa

Ketika kamu memotret dengan kamera handphone, carilah angel yang tidak biasa dilihat orang-orang. Seperti ketika ingin menampilkan gambar yang terlihat gagah dan besar, kamu bisa mengambil angel dari arah bawah. Sebaliknya jika kamu ingin memperlihatkan objekmu secara keseluruhan, kamu bisa mengambil angel dari atas. Juga angel-angel lainnya seperti dari balik tembok, dari sela-sela tanaman, dan masih banyak lagi. Ketika harus menggunakan kamera handphone, kamu harus memiliki ide creative dari sisi mana gambar akan terlihat bagus. Sehingga gambar yang dihasilkan tidak flat dan biasa.

Nah, itu tadi beberapa tips memotret dengan kamera handphone yang bisa Overloops bagikan untuk teman-teman semuanya. Semoga postingan kali ini bermanfaat untuk kita semua. So, mau foto yang bagus itu tidak perlu mahal jika kita tahu tekniknya. Tunggu postingan tips dan trik kita selanjutnya yaa…

RECENT POSTS

    Leave a comment