March 27, 2019

Tips Setting Mic & Recorder External

Setelah sebelumnya kita pernah membahas mengenai tips memilih alat perekam audio (mic) untuk video, kali ini kita akan membahas tips setting mic & recorder external. Pada artikel sebelumnya juga kita sudah mempelajari tentang 4 jenis alat perekam suara. Jadi buat temen-temen yang belum baca atau mungkin masih baru dalam dunia fotografi dan videografi bisa mengulas kembali ke artikel tips dan trik kami sebelumnya juga. Dalam pembuatan video, tentu bukan hanya hasil visual saja yang menjadi perhatian, namun juga kualitas suara yang disajikan. 

Mic yang digunakan sebagai add-on tambahan ke kamera ataupun audio recorder umumnya berjenis condenser. Jika dibandingkan dengan mic jenis dynamic, condenser lebih banyak dipilih karena memiliki sensitifitas yang lebih tinggi dan hasil rekaman frekuensi mid-high yang lebih akurat.

Pada dasarnya setting mic yang tepat di camera maupun recorder memiliki kesamaan.  Hal yang perlu kita perhatikan adalah kita perlu mengatur secara manual sensitivitas agar tidak terjadi peaking.  Memonitor saat merekam menggunakan headset juga dianjurkan apabila adanya output jack 3,5mm di camera/recorder yang digunakan agar bisa menghindari miss yang tidak diinginkan nantinya.

Kendala yang biasa terjadi adalah noise yang mengganggu di hasil rekaman. Faktor yang mempegaruhi munculnya noise tidak dapat diprediksi secara pasti, bisa dari gain yang terlalu tinggi, connector yang kotor, grounding, dan alat yang tidak mumpuni. Untuk mengatasinya, bisa dengan menghilangkan noise tersebut di post production, ataupun upgrade alat yang lebih mumpuni.

Nah, sudah tahu bagaimana setting mic & recorder external? Sekian tips setting mic & recorder external kita bagikan untuk teman-teman, semoga bermanfaat dan semakin banyak videografer muda yang berani terjun dan memulai di dunia audio videografi ini. Oh ya, teman-teman juga bisa melihat portofolio dari kami di akun instagram @overloops maupun Fans Page Facebook Overloops atau bisa juga melihat di Channel Youtube Overloops dan jangan lupa subscribe yaa.. Selamat mencoba!

Tips from Abdul Hamid Ahya

RECENT POSTS

    Leave a comment