July 5, 2018

Tips Setup Wawancara untuk Vlog Casual

Menjadi vloger saat ini memang sudah menjamur dikalangan anak muda yang ingin menampilkan kreativitasnya di media social Youtube. Banyak dari mereka yang memilih untuk menjadi Youtubers dan mendapatkan banyak penghasilan dari Youtube tersebut. Semakin banyak Youtubers yang muncul, semakin banyak pula kreativitas yang harus dikembangkan untuk menyaingi Youtubers lainnya. Dalam hal ini Overloops terus meng-eksplor kemampuan kita dalam videography dan menemukan inovasi-inovasi baru dalam membuat video vlog. Kali ini, kita akan membagikan beberapa tips yang bisa teman-teman jadikan referensi untuk membuat vlog casual.

Membuat vlog tidak harus ribet karena saat ini teknologi pun sudah sangat canggih. Kalau sebelumnya kita membahas tentang cara membuat Vlog ala Studio dengan modal handphone saja, kali ini kita akan membahas tentang pemanfaatan barang-barang yang ada disekitar kita untuk dijadikan property vlog. Setting ruangan yang kita gunakan ini cukup sederhana. Kita hanya membutuhkan background berwarna putih yang bsia diganti dengan tembok putih. Kemudian kita juga menggunakan efek window light yang terbuat dari kardus sepatu. Seperti trend Do It Yourself (DIY), kita membuat efek jendela dari kardus sepatu yang di lubangi memanjang 5 baris. Dengan kardus yang dilubangi ini akan memberikan efek jendela dan dibelakang kardus diberi LED Continues untuk memberikan efek sinar matahari.

Untuk mempercantik frame di video, di kanan kiri kita menaruh beberapa ornament seperti daun-daunan yang hanya satu helai, namun karena efek cahaya jendela ini membuat bayangan daun tersebut terlihat banyak. Kita juga menambahkan sofa untuk memberikan kesan casual dan santai. Kita menggunakan 4 buah lighting dimana lighting pertama digunakan untuk efek window light, lighting kedua diletakkan di belakang untuk rim light, dan untuk 2 lighting lagi diletakkan di depan studio untuk fill in.

Secara teknis, kita memakai 2 kamera, Sony A7 Mark II dan Sony A7S untuk mendapatkan angel yang berbeda ketika proses editing. Lensa yang kita gunakan ini keduanya lensa tele karena untuk membuat vlog ini kita harus menggunakan lensa tele agar mendapatkan framing yang pas karena backgroundnya sempit. Kita menggunakan lensa 85mm dan lensa 135 mm. Sehingga bisa didapatkan frame yang simple tetapi casual. Untuk audio kita menyambungkan masing clip on ke masing-masing kamera untuk mendapatkan suara yang lebih jelas.

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa Overloops bagikan buat temen-temen yang ingin mencoba untuk menjadi Vloger tetapi tidak ingin menggunakan setup yang ribet. Tunggu tips-tips menarik seputar foto dan video lainnya dari Overloops. Buat kalian yang penasaran seperti apa settingan vlog ini, tunggu Channel Youtube kita “Ceria” yang mengulas tentang perjalanan travelling Tim Overloops yaa.. untuk mengetahui berbagai tips dan bts Overloops di beberapa project bisa kalian lihat langsung di Channel Youtube Overloops, dan jangan lupa subscribe yaa..

RECENT POSTS

    Leave a comment