April 16, 2018

Tips Sukses Menjadi Seorang Photographer

Profesi photography saat ini memang cukup banyak diminati oleh kebanyakan orang. Selain menjadi pekerjaan yang mengasikkan dan sesuai dengan hobby, profesi photography juga seringkali dinilai sebagai profesi yang keren. Karena profesi ini bisa menghasilkan gambar-gambar yang menarik dan di apresiasi oleh banyak orang. Namun menjadi seorang photographer tidak lah mudah, apa lagi menjadi seorang photographer yang sukses dan karyanya cukup dikenal. Karena semakin banyaknya profesi ini di masyarakat, maka profesi photografi ini pun menjadi cukup melimpah di lingkungan kita.

Nah, di postingan kita kali ini, Overloops akan berbagi tips bagaimana menjadi seorang photographer yang sukses. Dengan artian menjadi photographer yang terkenal dan karyanya bisa dihargai secara layak oleh para client. Untuk mencapai impian tersebut, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas dari photography.

Kebanyakan photographer hanya berkarya di zona nyamannya saja, tidak ingin memiliki effort yang extra untuk meningkatkan kualitas. Nah menurut kami, photography tidak lepas dari pengetahuan-pengetahuan tentang lighting. Banyak di antara photographer yang sudah puas dengan hanya dengan bermain ambient light saja, dengan bermain lensa yang berbagai macam, dan memanfaatkan cahaya-cahaya yang ada. Tentunya itu membuat foto kita menjadi mainstream dan tidak terlalu spesial. Untuk menjadi karya photography komersil yang dihargai dan bisa diapresiasi, kualitas dari foto kita itu ditentukan dari pengetahuan kita terhadap lighting, pengetahuan kita terhadap merasakan cahaya, dan kemampuan kita untuk memperbaiki cahaya dengan dengan bantuan artificial light.

Pengetahuan seperti ini akan sangat berguna dan membuat foto kita menjadi stand out, berbeda, dan lebih berkualitas. Karena foto kita menjadi tidak biasa dengan permainan lampu yang tidak terbatas. Sehingga kreativitas kita tidak hanya ditentukan dari objek yang kita foto, tetapi juga kemampuan kita dalam memanipulasi cahaya dari foto yang kita produksi nantinya.

  1. Memperkaya Network.

Banyak dari teman-teman photography yang berkutat di dunia photographer saja. Mereka merasa nyaman untuk berkumpul bersama photographer, kemudian bekerja sama untuk menjadi freelance satu sama lainnya. Kemudian beberapa photographer tersebut juga nyaman untuk berkarya bersama, membuat foto bersama seperti di event-event hunting foto yang sering kita temui belakangan ini. Namun ada kalanya untuk menjadi seorang photograper yang stand out, kita harus memperkaya network kita tidak hanya dikalangan photogapher sendiri. Kami sebagai tim Overloops sendiri juga mencoba untuk memperluas network dengan masuk ke beberapa komunitas atau lingkungan-lingkungan yang merupakan sebuah area untuk membuat karya yang berbeda dan tidak biasa.

Kita sebagai seorang photographer bisa mencoba untuk berkolaborasi tidak hanya dengan model atau photogrpaher saja, namun juga dengan orang-orang biasa dengan lingkungan-lingkungan sekitar kita. Bagaimana caranya kita mengolah, memproduksi, dan membuat karya sehingga bisa mengatur sedimikian rupa objek yang ada disekeliling kita sehingga menjadi sebuah objek yang menarik dan tampak berbeda dari foto-foto kebanyakan. Kita bisa berkolaborasi dengan penari-penari, atau dengan lingkungan-lingkungan sekitar kita yang mana nanti juga bisa memberikan manfaat secara langsung maupun menjadi sarana networking kita untuk mengenalkan jasa kita ke lingkungan sekitar. Karena pada akhirnya orang-orang yang biasanya memanfaatkan jasa kita itu adalah orang-orang yang berada di sekitar kita. Kalau kita secara eksklusif memberikan jasa kita atau meluangkan waktu kita untuk karya-karya seputar model saja, maka lingkungan sekitar kita pun tidak merasakan kehadiran kita sebagai photographer.

  1. Mencari source income yang lain selain menjual jasa.

Kebanyakan photographer hanya stak sebagai seorang penyedia jasa saja. Sehingga mereka akan merasa sepi atau merasa lesu dari segi pekerjaan ketika tidak ada client yang datang. Padahal sebagai photographer kita juga bisa menjual hasil karya foto kita. Sehingga nantinya orang tidak membayar jasa kita sebagai photographer saja, tetapi juga membeli jasa kita untuk kepentingan mereka. Banyak situs-situs microstock maupun macrostock yang sekarang ini cukup banyak dicari oleh orang-orang yang membutuhkan berbagai macam foto untuk kepentingan mereka. Produksi stock sendiri memang tidak cukup mudah. Karena kita harus meluangkan waktu untuk mengambil gambar, menghapus waktu yang tidak terlalu laris, namun dengan konsistensi yang tinggi, ketekunan dan semangat untuk berkarya. Maka bisa menjadi sangat mungkin kita bisa hidup dan menjadikan macrostock menjadi sumber penghasilan utama selain menjual jasa.

  1. Mencari mentor atau bekerja di perusahaan foto.

Meskipun saat ini trend photographer itu bekerja sebagai freelance, tidak dipungkiri untuk menggaet client-client yang besar untuk berkarya lebih baik lagi kita membutuhkan tim yang solid. Karena profesi photography itu sendiri ketika bericara tentang sebuah photography yang kompleks, tentunya dibutuhkan kinerja tim yang solid dengan rumusan ide-ide yang dipikirkan bersama-sama sehingga bisa menghasilakn karya yang lebih besar lagi. Dengan cara bergabung ke sebuah studio foto, selain kita membuka diri untuk bekerja sama secara lebih intensif dan mencoba untuk berkomitmen berkarya bersama, kita juga bisa mendapatkan pengetahuan atau pengalaman baru yang tidak mungkin akan kita dapakan ketika kita bekerja sendiri. Karena memang keputusan dari orang untuk membuat sebuah studio foto itu juga didasari berbagai macam pertimbangan. Di antaranya adalah dengan komitmen untuk membuat sebuah karya-karya yang besar. Nah dengan cara bergabung di studio foto, kita bisa mengembangkan kemampuan kita, dan membuka wawasan kita untuk belajar menjadi sebuah tim yang solid, dan tentunya kita bisa mendapatkan penghasilan yang rutin disetiap bulannya.

Nah, tim Overloops sendiri sebagai sebuah jasa usaha photography yang bergerak dibidang profesional foto dan video yang juga produksi content untuk dunia photography, membuka kesempatan untuk teman-teman yang ingin suskes bersama kita untuk meniti karir sebagai photographer ataupun videographer professional. Kita membuka lowongan kepada teman-teman untuk bergabung besama tim kita yang berdomisili di Yogyakarta dengan cara mengirimkan CV dan juga portfolio. Kita membutuhkan sebuah tim yang mampu untuk membuat sebuah photography dengan pengetahuan sebuah artificial lighting dan juga pengetahuan dari videographer dalam bidang sound dan pencahayaan dalam videography.

Namun sekali lagi, entah kalian ingin menjadi freelance atau ingin berkarya bersama dalam sebuah studio foto dan studio, yang terpenting dari photographer dan videographer adalah menjalani segala sesuatu dengan passionnya. Karena dengan passion kita bisa berkarya dengan lebih maksimal dan totalias tanpa mempertimbangkan hal-hal yang membuat kita jadi malas untuk berkarya. Sekian dari Overloops photo dan video jangan lupa follow instagram @overloops dan @overloopsteam untuk informasi lowongan kerja kita. Untuk melihat hasil karya Overloops lainnya, kalian juga bisa melihatnya di Channel Youtube Overloops dan jangan lupa subscribe yaaa…

RECENT POSTS

    Leave a comment