January 7, 2017

Traveling Videography Workshop at Ray Digital

Untuk kali ini, Tim Overloops mendapatkan kehormatan untuk menjadi pemateri di acara ‘Ngopi’ atau Ngobrol Pilem oleh komunitas Videography Yogyakarta yang bertempat di Ray Digital. Salah satu Tim Overloops, Cendika membagi pengalaman, tips dan trik mengenai Travelling Videography. Cendika menceritakan pengalamannya ketika berada di California yang menggunakan Go-Pro, Pantai Klayar Pacitan dengan menggunakan kamera 7D dan Go-Pro, kemudian ketika travelling ke Paris dengan mengggunakan kamera A7S dan Go-Pro, dan yang terakhir menceritakan ketika Traveling di New York menggunakan DJI Osmo. Antusiasme peserta ini luar biasa hingga panitia kewalahan karena jumlah peserta mencapai 150 orang. Banyaknya peserta yang mengikuti ini terbukti banyaknya orang-orang yang ingin mengetahui bagaimana membuat video travelling yang bagus dan menarik. Kebanyakan peserta yang mengikuti acara ini terdiri dari Videographer dan Traveller.

Pertama, Cendika berbagi pengalaman tentang apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat Video Travelling sehingga terlihat epic dan menarik untuk ditonton. Yang harus kita siapkan sebelum berangkat, kita harus mampu memanage perlengkapan yang kita bawa, tidak perlu membawa banyak kamera karena belum pasti semuanya kita gunakan. Prinsipnya dalam travelling, kita harus melakukan packing yang efisien. Ketika mempersiapkan alat, kita harus pandai-pandai membawa alat yang sekiranya di lapangan bisa kita gunakan semaksimal mungkin dan sesuai dengan kondisi area travelling kita. Selain itu kita juga perlu memikirkan komposisi kamera yang kita bawa lalu kita juga harus melakukan gladi apakah dengan komposisi yang kita buat itu bisa menangkap semua momen dengan bagus atau tidak.

Selain packing, terkadang kita juga harus memikirkan hal-hal teknis dan kenyamanan kita seperti ketika memori habis, apakah kita bisa dengan mudah mengakses memori tersebut, dan jika baterai habis apakah kita bisa dengan mudah mengganti baterai dan mengecasnya, atau ketika berjalan jauh itu memberatkan kita, atau ketika berada di dalam kereta mengganggu kenyamanan duduk kita atau tidak. Hal-hal sepele seperti itulah yang harus kita pikirkan agar selain mendapatkan video yang bagus, kita juga bisa merasakan keindahan perjalanan kita.

Kita juga harus mengetahui tekniknya bagaimana mengambil gambar yang baik, mengambil video slow motion, timelipse, seperti penggunaan lensa-lensa dengan bukaan besar dan point of view yang tidak biasa. Kemudian untuk langkah selanjutnya ketika post production, kamu juga harus tahu bagaimana membuat video yang sudah kamu ambil bisa menyatu dengan musik yang kamu berikan, sehingga terbentuk video travelling yang memiliki komposisi seimbang.

Tim Overloops sendiri biasanya memilih music itu merupakan hal utama yang wajib kita nomor satukan. Bahkan kami sampai membutuhkan waktu berhari-hari untuk mencari music yang ideal. Setelah mendapatkan music yang bagus, langkah selanjutnya adalah melakukan scoring terhadap music tersebut, memahaminya sehingga kita bisa menempatkan scene-scene tertentu ke dalam music tersebut. Karena dengan mengkombinasikan music yang bagus dengan video yang sesuai dengan mood music tersebut, akan dihasilkan video yang epic.

Sekian tips dan trik untuk pembuatan video travelling yang bagus. Kalau kamu tertarik untuk membuat video travelling seperti yang dibuat Overloops, kamu bisa menghubungi kami melalui Overloops melalui instagram @overloops maupun fans page Facebook Overloops. Kamu juga bisa melihat portofolio kami maupun referensi video travelling di website Overloops maupun Channel Youtube Overloops.

RECENT POSTS