November 27, 2017

Tutorial Video Produk

Overloops mendapatkan kesempatan untuk memberikan training kepada santri Pondok Multimedia. Tema pelatihan kali ini adalah tentang bagaimana cara mengambil video produk. Trainer yang diwakili oleh salah satu tim Overloops, Cendika membagikan ilmu tentang bagaimana memanfaatkan lampu LED dalam pengambilan video produk dengan warna putih sebagai backgroundnya. Sebagai contoh, kami membuat video produk dari kamera Sony A7s. Tim kami memberikan ilmu tentang bagaimana cara mensiasati pembuatan video produk yang bergantung pada berapa jumlah lighting yang kita miliki.

Berikut ada beberapa teknik penggunaan lighting berdasarkan jumlah lighting yang ada:

  1. Menggunakan 1 Lighting

Banyak kesalahan yang dilakukan oleh photographer yaitu dengan menempatkan lighting LED nya langsung mengarah ke objek yang akan dibuat video. Padahal dengan teknik tersebut akan membuat objeknya semakin tidak merata. Bagian highlight dan shadownya menjadi lebih kasar dan tidak bagus. Untuk mensiasati hal tersebut, kita bisa mem-bouncing lighting ke atas. Akan sangat mendukung jika kondisi produksi video dilakukan di indoor dengan plavon warna putih yang pendek. Jika kita tidak bisa menemukan plavon yang pendek, kita bisa menggunakan kain putih yang dipantulkan dari atas sehingga bisa menerangi objek. Jadi, teknik yang pertama adalah memantulkan cahaya ke atas dengan menggunakan 1 lighting.

  1. Menggunakan 2 Lighting

Dengan menggunakan 2 lighting, kita bisa lebih berkreasi lagi dengan cara membuat background seterang mungkin dengan lighting pertama, kemudian objek utamanya kita sinari dengan teknik bouncing menggunakan lighting kedua. Sehingga nanti kita bisa membuat video High Quality yang memisahkan antara background dengan objek.

  1. Menggunakan 3 Lighting

Dengan menggunakan 3 lighting, kita akan lebih berani untuk mengarahkan lighting ke objek dan menggunakan teknik cross lighting. Kita akan selalu meletakkan 1 lighting di bagian depan dan 1 lighting di bagian belakang. Kita akan mendapatkan gambar dengan main light dan pencahayaan dari samping dan bagian belakangnya juga akan mendapatkan ring light. Teknik ini akan membuat sebuah kesan dimensi pada produk tersebut.

Nah, demikian beberapa tips untuk membuat video produk menggunakan lighting, untuk cara lebih jelasnya, kamu bisa melihat langsung video berikut ini..

Mudah bukan membuat video produk menggunakan 1 lighting, 2 lighting, dan 3 lighting? Jika kamu masih merasa kesusahan, kamu bisa meminta jasa Overloops untuk membuatkan video produkmu. Kamu bisa menghubungi Overloops melalui Instagram @overloops dan bisa juga melalui Facebook Page Overloops. Untuk melihat hasil karya Overloops dan tips-tips menarik lainnya, kamu bisa terus pantengin Channel Youtube Overloops dan jangan lupa subscribe yaa…

RECENT POSTS

    Leave a comment