October 20, 2017

Video Opening Top Coder 2017 Buffalo

TCO atau Top Coder merupakan event tahunan yang diadakan oleh sebuah platform Cloud sourcing yang mengumpulkan ahli designer, data scientist, dan programmer terbaik di seluruh dunia untuk berkompetisi menjadi 1 dalam rangka acara final Top Coder. Event yang digelar di Buffalo Amerika Serikat ini mempertandingkan finalis terbaik dari 10 kategori yang diadakan bergantian setiap tahunnya di Amerika. Untuk tahun ini, Overloops diberikan kesempatan dan diundang langsung oleh Top Coder untuk mendokumentasikan acara ini. Overloops yang merupakan fotographer Indonesia di undang secara khusus untuk mendokumentasikan event tingkat International di Buffalo. Sungguh sesuatu yang membuat kita bangga karena prestasi ini.

Kita juga diberikan kesempatan oleh Top Coder untuk menunjukkan karya kita di opening ceremony Top Coder 2017 ini. Kami membuat video opening yang menunjukkan konsep sesuai dengan konsep Top Coder itu sendiri. Dengan bangga Overloops menampilkan karya kami di depan orang-orang hebat di bidang mereka masing-masing, ditonton oleh para sponsor dan pejabat daerah Kota Bufallo dan sekitarnya. Dengan kesempatan yang sangat baik tersebut, Overloops membuat sebuah karya opening dengan antusias dan penuh semangat. Kemudian kami juga menggunakan konsep TCO yang setiap tahunnya berpindah lokasi dan Negara yang berbeda-beda. Di awal video ini ditunjukkan beberapa footage dari setiap kota di Amerika yang pernah didatangi TCO untuk acara final sebelum-sebelumnya, diiringi dengan music yang dramatis, hingga kemudian masuk ke Kota Buffalo ini.

Konsep selanjutnya kami menggunakan gambaran mengenai Kota Buffalo ini, tentang Kota Buffalo dan bagaimana Kota Buffalo ini. Karena acara Top Coder ini disponsori oleh BNMC (Buffalo Niagara Medical Campus) yang merupakan kompleks medical terpadu di Buffalo dan berperan besar dalam pembangunan Kota Buffalo. Jadi Overloops juga memasukkan video tentang BNMC ini di dalamnya. Overloops mengambil gambar kantor BNMC yang sangat megah dan cukup menarik ini. Jadi pada saat itu Overloops datang lebih awal ke Buffalo untuk merekam persiapan yang dilakukan oleh Top Coder dan BNMC sebelum acara ini dimulai. Pengambilan gambar ini menggunakan teknik time-lapse. Kami mengambil footage BNMC dari udara menggunakan drone. Selain profile BNMC, kami juga memasukkan video footage TCO yang terdahulu dengan konsep flashback, kemudian dilanjutkan dengan track-track Top Coder, tahap-tahap perlombaan Top Coder yang terdiri dari algorithma marathon first to finish, UI design, dan UI Prototype.

Overloops menggunakan teknik multi exposure yang meng-overlay 2 layer sekaligus yang berupa video semi siluet dan digabungkan dengan footage-footage perlombaan yang relevan. Proses pembuatan video ini cukup special, karena kami membuatnya secara step by step dan kita mulai ketika masih berada di Indonesia. Kami men-setting studio di kantor dan menggunakan talent-talent dari kita sendiri. Sedangankan untuk editing kami lanjutkan setelah sampai di Buffalo. Video ini diakhiri dengan foto-foto para finalis yang membentuk logo Top Coder.

Proses pengambilan video di gedung Innovation Center BNMC ini pun sangat berkesan dan sangat menarik meskipun banyak mengalami kendala. Kita sangat bangga sekali karena momen ini merupakan pertama kalinya Overloops menerbangkan drone di United State, dan kami mendapatkan ijin penuh dari pemilik gedung ini. Namun kami mendapatkan kendala berupa angina yang berhembus sangat kencang, bahkan Drone kami hampir terbawa angin. Kami tetap memaksakan untuk merekamnya meski kondisi Buffalo sedang berangin karena kami percaya kalau efek pasti bisa mengatasi ini. Namun kemudian terdapat kendala lagi dan kita tidak berani mengambil resiko, karena pada saat itu seekor elang yang besar terbang melintas di atas drone. Jadi kami cepat-cepat menurunkan drone tersebut karena sudah banyak sekali cerita di Amerika banyak drone yang rusak karena dihantam elang.

Nah, setelah video ini jadi dan dikemas menjadi sebuah video yang epic dan siap dipamerkan, pembukaan yang sangat meriah itu akhirmya memamerkan video kami. untuk dokumentasi acara opening tersebut kami menggunakan kamera A7S lensa Samyang 14 mm dan dipadukan dengan zhiyun crane versi 2. Kami juga menggunakan A7 Mark II dengan lensa 85 mm dengan microphone rode videomic pro. Photographer pertama mengambil wide dan moving camera, sedangkan satunya lagi mengambil close up detail acara tersebut. Akhirnya saat yang ditunggu-tunggu tiba, yaitu pemutaran video Opening Ceremony Top Coder 2017. Pada awalnya peserta masih kurang kondusif dan tidak menyaksikan video tersebut hingga akhir, namun ketika salah satu perwakilan BNMC tertarik kepada video tersebut dan meminta untuk video tersebut diputar kembali, semua peserta melihatnya dengan antusias. Ini merupakan moment yang sangat berharga untuk Overloops karena respon peserta pun sangat baik terhadap hasil karya kita.

Kalian ingin membuat video event yang seperti ini? Kamu bisa menghubungi Overloops melalui Instagram @overloops maupun facebook page Overloops. Kamu juga bisa melihat hasil karya kami di Channel Youtube Overloops, dan jangan lupa subscribe yaa..

RECENT POSTS