June 5, 2018

Video Testimonial Payoneer User: Yoyok Rubiyanto, Founder Yoshugi Media Group

Overloops baru saja mendapatkan kepercayaan dari Payoneer Southeast Asia untuk mendokumentasikan event Payoneer VIP Dinner dan juga membuat sebuah video feature dari pengguna payoneer yang cukup sukses dan bisa memberikan inspirasi. Beliau yang nantinya akan menjadi pembicara di VIP Dinner. Nah, sebelum kita mendokumentasikan acara tersebut di malam hari, pada pagi harinya kita membuat sebuah video profile beliau. Bapak Yoyok adalah founder dari Yoshugi Media Group, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang dropshiping barang dari China ke Amerika. Usaha beliau cukup sukses dan menginspirasi kita ketika sesi wawancara.

Proses interview ini berlangsung lancar dari pagi hingga sore hari. Karena video testimonial ini permintaan dari Payoneer, kita harus bisa memikirkan pertanyaan apa yang jawabannya nanti sesuai dengan keinginan Payoneer. Sehingga kita juga harus mendirect narasumber untuk mengarahkan jawabannya sesuai dengan keinginan Payoneer.

Dalam pembuatan video testimonial maupun video interview, ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan seperti sisipan apa nantinya yang akan kita masukkan ke dalam video di sela-sela pembicara yang sedang menjawab pertanyaan. Untuk itu kita harus memiliki shoot list terlebih dahulu berdasarkan jawaban narasumber untuk mengambil insert-insert yang nantinya disisipkan ke dalam video. Karena interview kita bersifat one day take interview, maka tidak diperlukan sebuah storyboard. Oleh karena itu, tanggung jawab kita otomatis harus memikirkan visual yang diberikan narasumber. Sehingga ketika kita mendengarkan jawaban, kita sambil mencatat visual apa saja yang diperlukan.

Dari segi teknis, kita menggunakan multi camera sehingga nantinya video interview ini tidak terlihat membosankan karena hanya dari satu sisi saja. Kamera yang kita gunakan adalah Sony A7 Mark II dengan lensa 24-70 dan lensa 100 mm untuk detilnya dengan bukaan lebar sehingga didapatkan gambar yang bokeh. Kita juga menggunakan 2 lighting YN300 dengan settingan cross. Sedikit tips untuk settingan lighting ini kita gunakan teknik cross dengan bagian rim dan mainlight. Sedangkan kita shooting kameranya itu tepat di bagian shadownya. Untuk teknik interview sendiri, seperti biasa kita hanya mengajak ngobrol narasumber sehingga beliau tidak melihat langsung ke kamera. Tantangannya dalam projek ini adalah kita harus bisa membuat objek merasa nyaman, dan kita juga harus bersabar untuk proses take berulang-ulang.

Kita juga terbiasa mengambil shoot-shoot untuk mendramatisir video seperti pengambilan gambar narasumber sedang tersenyum ke kamera, wajah bahagia ketika memimpin rapat, wajah bahagia karyawan, dan hal-hal sederhana lainnya yang membuat video tersebut lebih terbawa emosi.

Nah, itu tadi cerita pengalaman tim Overloops ketika sesi interview dengan founder dari Yoshugi Media Group. Untuk melihat hasil video interview ini, teman-teman bisa langsung saja melihatnya melalui Channel Youtube Overloops. Selain itu, bagi kalian yang tertarik untuk meminta jasa Overloops mendokumentasikan event pribadi maupun corporate kalian, bisa langsung saja menghubungi Overloops melalui instagram @Overloops dan juga Fans Page Facebook Overloops. Sekian tips membuat video wawancara dari Overloops, dan nantikan berbagai tips menarik lainnya yang selalu kita share di Website Overloops ini…

RECENT POSTS

    Leave a comment