Yogyakarta kaya akan tempat wisata yang memperlihatkan keindahan alam sekitar. Setiap daerah di Yogyakarta juga memiliki potensi wisata yang berbeda-beda. Sebelah utara memperlihatkan keindahan Gunung Merapi dengan segala wisata disekitarnya, sebelah selatan yang menawarkan keindahan pantai selatan, sebelah timur yang memperlihatkan wisata hutan pinus dan sebelah barat yang menawarkan keindahan pantai dan pegunungan Kulon Progo. Kekayaan inilah yang meningkatkan pendapatan masyarakat di Yogyakarta. Masyarakat sekitar tempat wisata tersebut berinovasi untuk membangun spot-spot foto yang membuat tempat wisata tersebut ramai dikunjungi wisatawan.

Seperti contohnya Kebun Buah Mangunan yang terletak di Imogiri Bantul. Saat musim buah, kebun buah Mangunan ini ditumbuhi berbagai macam buah seperti Buah Belimbing, Rambutan, dan Durian. Namun jika bukan musimnya buah-buah tersebut berbuah, kamu cuma bisa menikmati pemandangan alamnya yang tiada tara. Juga terdapat belasan ekor rusa yang dipelihara di area ini, dan pengunjung diperbolehkan untuk memberi makan rusa-rusa tersebut. Mangunan memiliki gardu pandang yang memperlihatkan alam perbukitan dan terbelah oleh sungai di tengahnya. Kamu juga bisa melihat jalan raya yang terbentang menyisiri perbukitan tersebut dan kendaraan yang terlihat kecil semakin menghiasi pemandangan ini.

Pemandangan ini akan lebih indah jika dilihat di pagi hari. Setelah Subuh kamu berangkat menuju Imogiri dan naik ke puncak Mangunan. Kamu akan melihat pemandangan Negeri di Atas Awan. Kabut yang masih menyelimuti area Mangunan ini membuatmu seperti berada di atas gunung yang tinggi. Sinar matahari terbit yang menyeruak diantara awan-awan tersebut memberikan efek semburat keemasan yang menambah nuansa sejuk dank has pegunungan. Apalagi setelah turun hujan, kamu akan melihat pepohonan di sekitar menjadi lebih contrast dengan warna lainnya. Tapi kamu harus berhati-hati karena setelah turun hujan biasanya kontur tanah di sekitar mangunan ini menjadi lebih licin dan berlumpur.

Untuk biaya masuk kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 5000 /orang saja dan kamu bisa melihat keindahan alam yang sangat luar biasa. Kalau kamu ingin melihat seperti apa Kebun Buah Mangunan ini, kamu bisa melihat video yang dibuat oleh Tim Overloops ini, dan gambar di ambil menggunakan drone di pagi hari, sehingga masih terlihat kabut yang menyelimuti area ini. Check this out…

RECENT POSTS