September 25, 2018

Workshop Konsep Videography Pariwisata oleh Dinas Pariwisata Nganjuk

Workshop yang diadakan oleh Dinas pariwisata Nganjuk pada tanggal 22 September 2018 kemarin mengusung tema Pelatihan Konsep Videography Pariwisata. Workshop ini dihadiri oleh seluruh pelajar Kabupaten Nganjuk yang tertarik dibidang videography. Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) pun ikut serta menghadiri workshop yang diadakan di Balai Budaya Mpu Sindok Ngajuk ini. Overloops, yang diwakili oleh salah satu videographer kami, Fajar S Putra diundang juga oleh Dinas Pariwisata Nganjuk untuk mengisi workshop Konsep Videography Pariwisata tersebut. Workshop berlangsung dari pukul 09.00 hingga 12.00 dan berjalan lancar.

Untuk workshop sendiri dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama Fajar memberikan materi seputar mengemas video pariwisata. Fajar juga menjelaskan tentang apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat sebuah video pariwisata yang sesuai kebutuhan. Sedangkan di sesi kedua merupakan sesi Forum Group Discussion. Peserta workshop ditugaskan untuk saling berdiskusi membuat sebuah konsep video pariwisata. Materi yang kita sampaikan semuanya pun berdasarkan pada pengalaman Tim Overloops dalam membuat sebuah video pariwisata.

Materi yang disampaikan adalah tentang bagaimana cara mengemas video pariwisata yang membuat penonton merasa tertarik untuk mengunjungi tempat wisata tersebut. Untuk membuat sebuah video pariwisata terkonsep, kita harus tahu kebutuhan client terlebih dahulu baru kemudian menggali potensi yang ada di kota tersebut. Sebagai contoh di daerah Nganjuk ini terdapat sebuah curug bernama Curug Roro Kuning dimana curug tersebut sempat dikenal mistis dikalangan masyarakat. Namun, disisi lain tempat ini memiliki potensi wisata yang asri. Nah, tugas kita adalah mengenalkan keindahan alam Curug Roro Kuning ini yang dikemas sedemikian rupa sehingga orang-orang tertarik untuk mengunjunginya dan menghilangkan kesan angker dari lokasi ini.

Setelah kita mengenali apa masalahnya, kita angkat masalah tersebut untuk dicari solusi kreatifnya. Misalkan dalam masalah Curug Roro Kuning ini, kita bisa menggambarkan seorang Roro Kuning yang sedang menari di antara pepohonan hijau dan alam yang segar di kawasan curug. Kita buat video cinematic yang menonjolkan keindahan alam curug tersebut. Setelah kita mendapatkan solusi, hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah mendiskusikan ide tersebut dengan orang-orang disekitarmu untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda. Kita bisa menanyakan pendapat teman-teman tentang bagaimana kondisi di tempat wisata tersebut. Sudut pandang yang berbeda ini akan menambah nilai ketika penggambaran konsep.

Setelah kalian dan teman-teman sepakat untuk membuat ide tersebut untuk divisualisasikan ke dalam karya audio visual, kita kembangkan lagi visualisasi ini akan menggunakan gaya seperti apa. Dalam pengemasan sebuah video, kita mengenal beberapa gaya video seperti naratif dan non naratif. Untuk video non naratif akan lebih menonjolkan visual dan musiknya. Pemilihan music yang tepat akan membuat pesan dari video tersebut bisa disampaikan dengan baik. Kemudian yang kedua adalah video naratif. Video naratif dibagi lagi menjadi beberapa bagian, salah satunya adalah interview. Ada satu narasumber yang kita minta untuk bercerita tentang potensi apa saja yang ada di daerah itu. Dari wawancara tersebut kita bisa menyisipkan insert-insert atau gambar yang mendukung dari data hasil wawancara.

Selain interview, ada pula video naratif dengan bantuan voice over. Voice over ini juga berfungsi sama dengan interview, tetapi kata-kata yang diucapkan biasanya disampaikan oleh dubber, lebih dramatis dan dapat menyampaikan pesan yang dibawakan video tersebut. Selain itu, video pariwisata ini ada kaitannya juga dengan travel video. Perbedaanya, kalau Travel Video itu biasanya dihadapkan pada situasi-situasi yang tidak terduga. Sedangkan Video Pariwisata memiliki konsep yang lebih matang. Namun keduanya baik video travel maupun video pariwisata memiliki tujuan yang sama, yaitu sama-sama bermaksud untuk mengajak penonton mendatangi tempat wisata tersebut karena keindahannya.

Materi selanjutnya yang disampaikan oleh Fajar adalah ketika masuk ke proses produksi. Beberapa hal yang harus dilakukan dalam proses produksi yang pertama adalah Directing atau pengadeganan untuk membangun cerita. Setiap adegan yang diambil harus memiliki cerita yang akan disampaikan kepada penonton. Proses kedua adalah proses pengambilan gambar. Teknik pengambilan gambar ini merupakan salah satu hal yang sangat penting karena kita harus bisa menyajikan informasi apa yang akan disampaikan dalam karya visual tersebut. untuk memberi kesan pada penonton kita juga biasanya menyajikan gambar yang tidak biasa dilihat mata manusia. Untuk itu kita bisa menggunakan timelapse atau hyperlapse. Hyperlapse ini merupakan teknik pengambilan gambar dengan perpindahan waktu yang sangat cepat.

Kemudian ada juga slowmotion yang akan membuat gambar menjadi lebih dramatis. Ketika tempat wisata yang ingin kita promosikan ini berupa pantai atau laut, kita bisa menambahkan shoot underwater karena angle ini jarang dilihat oleh mata manusia dan memperlihatkan keindahan alam bawah laut. Kemudian ada lagi macro shot dan areal shoot bisa juga digunakan untuk mengisi insert video karena sudut pandangnya sangat berbeda dengan mata manusia. Transisi atau perpindahan gambar dari satu scene ke scene lainnya juga harus diperhatikan agar mendapatkan perpindahan tempat yang saling berkesinambungan.

Nah, itu tadi cerita pengalaman dari salah satu Tim Overloops ketika mengisi workshop di Kabupaten Nganjuk. Overloops sebagai vendor foto dan video tentunya akan senang menerima kpermintaan client untuk pembuatan video pariwisata. Mari bersama-sama kita promosikan potensi-potensi wilayah di Indonesia. Kalau temen-temen tertarik untuk menggunakan jasa Overloops dalam pembuatn video baik video travel corporate dan pribadi, event-event maupun company profile, bisa langsung saja menghubungi Overloops melalui instagram @overloops atau Fans Page Facebook Overloops. Untuk portofolio Overloops bisa kalian lihat di Channel Youtube Overloops dan jangan lupa subscribe yaa..

RECENT POSTS

    Leave a comment